Apakah Sahabat Sukses memiliki rencana untuk mendaki gunung? Sudah lengkapkah peralatan mendaki kalian? Jangan sampai perlengkapan kalian tertinggal di rumah atau malah memang belum ada didalam daftar barang bawaan. Bisa repot dan mengganggu kenyamanan rekan pendaki lain nanti.

Mendaki gunung memang termasuk kegiatan yang gampang-gampang susah ya Sahabat Sukses. Bagi mereka yang sudah terbiasa mungkin tidak akan kesulitan dalam mempersiapkan segala sesuatunya, dan mereka jadi lebih tau apa yang lebih dibutuhkan saat pendakian.

Namun bagi para pemula, mereka butuh “extra” dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Tak hanya extra dalam mempersiapkan stamina, tapi mungkin mereka juga akan extra berfikir keras tentang perlengkapan mendaki gunung apa saja yang harus dibawa.

Dalam artikel kali ini, PernahSukses.com akan membahas satu persatu apa saja perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki gunung.

Berikut daftar perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki gunung bagi kamu yang masih pemula agar aman dan tidak merepotkan rekan lain ketika sedang melakukan pendakian.

Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Kelompok (Dua Orang Atau Lebih):
1. Tenda / Dome
Tenda Dome

Karena di gunung tidak ada hotel atau penginapan, tenda / dome adalah pilihan yang sempurna untuk bermalam. Meskipun beberapa gunung di Indonesia terdapat shelter atau sebuah tempat berteduh, tetapi membawa tenda / dome tetap harus ada dalam daftar perlengkapan mendaki gunung kalian. Karena selain tempatnya kecil, kalian juga tidak akan merasa leluasa jika terdapat kelompok pendaki lain didalam shelter tersebut.

Dengan membawa tenda sendiri, kalian bisa dengan leluasa menata barang bawaan kalian sendiri. Tenda ini juga akan melindungimu dari terpaan angin, hawa dingin atau hujan ketika berada di gunung. Tenda ini sangat penting di bawa jika kalian akan melakukan pendakian lebih dari satu hari atau berencana menginap di gunung. Bawalah tenda sesuai kapasitas jumlah anggota dalam kelompok pendakian kalian.

2. Logistik Makanan
Logistik Makanan

Logistik makanan juga tidak kalah penting. Karena mendaki gunung sangat menguras tenaga dan membuat kalian mudah merasa lelah. Bawalah makanan yang lezat dan menyegarkan juga cepat mengembalikan energi kalian saat memakannya. Bawalah cemilan yang bisa meningkatkan tenaga kalian ketika sedang beristirahat di jalur pendakian dan bawalah ahan makanan yang bisa diolah sedemikian rupa saat beristirahat di tenda atau lokasi camping.

Contohnya: bawalah beras jika kalian terbiasa memakan nasi karena nasi memang mengandung banyak karbohidrat yang dibutuhkan tubuh saat pendakian. jangan lupa bawa juga sayur mayur sebagai makanan pendamping, kalian bisa mengolahnya menjadi sayur sop atau di oseng. Kalian juga bisa memasak yang lebih mudah seperti telur mata sapi, ayam goreng, tempe dan tahu.

Kalian juga bisa membawa buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral untuk pencuci mulut atau sebagai teman saat beristirahat di jalur pendakian. Jangan lupa juga untuk membawa banyak air minum karna kalian akan mudah dehidrasi sehingga butuh banyak minum air mineral.

3. Peralatan Memasak
Peralatan Memasak

Cuaca gunung yang dingin tentu membuat tubuh ingin selalu menikmati sesuatu yang hangat, terutama di lokasi camping. Kalian bisa memasak air untuk menyeduh kopi atau teh, menanak nasi dan lauk pauknya untuk meningkatkan stamina saat pendakian.

Bawalah peralatan masak seperti kompor, wadah untuk memasak atau panci, wajan jika ingin menggoreng-goreng, dan teko dengan ukuran yang kecil. Jangan lupa membawa bahan bakar sesuai yang dibutuhkan jenis kompor kalian. Sebagai tips bawalah peralatan masak yang mudah dibawa atau cooking set yang berbahan ringan dan ringkas.

4. Peralatan Makan
Peralatan Makan

Jangan lupa untuk membawa peralatan makan juga saat pendakian, akan sangan merepotkan jika kalian lupa membawanya. Bawalah perlengkapan makan seperti sendok, gaerpu, gelas, dan piring.

5. Alat Komunikasi
HT

Alat komunikasi menjadi perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Ini berfungsi untu berkomunikasi dengan pendaki lain atau basecamp saat mengalami keadaan yang sangat darurat.

Jika keadaan tidak terlalu darurat dan kalian merasa masih bisa mengatasinya, kalian tidak perlu memberikan informasi atau meminta bantuan kepada pihak basecamp. Berkomunikasilah dengan rekan pendakian kalian terlebih dahulu.

Alat komunikasi yang digunakan biasanya berupa HP yang kalian miliki atau handy talky (HT). Catatlah informasi no HP dan frekuensi basecamp agar lebih mudah dalam berkomunikasi.

Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Pribadi:
1.Tas Gunung/ Ransel/ Carrier
Carrier

Carrier sebagai perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa ini berfungsi untuk mentumpan semua barang bawaan kalian yang tentunya tidak sedikit. Tas Carrier ini memang sudah di desain untuk aktivitas mendaki gunung, mulai daribahan yang kokoh, jahitan yang kuat, dan sistem distribusi beban agar pendaki merasa nyaman dengan beban yang berat saat pendakian.

Jika Sahabat Sukses belum punya dan berencana untuk membeli atau menyewanya, pilihlah tas gunung yang memiliki sistem distribusi beban yang bagus, yang memiliki airflow back system, terintegrasi dengan rain cover, memiliki belt di bagian pinggang yang empuk, memiliki beberapa kantong di luarnya, compression straps yang kuat dan lainnya. Pilihlah kapasitas ransel yang sesuai dengan badan dan kemampuan kalian.

2. Pakaian Ganti
Pakaian Ganti

Bawalah pakaian ganti secukupnya sesuai lama waktu pendakian kalian, dari yang mulai hanya sehari ataupun berhari-hari. Pakaian ganti ini berfungsi sebagai penolak angin. Karna ketika hujan dan baju kalian basah kuyup, salah satu upaya agar badan kalian tidak kehilangan hawa panasnya adalah dengan mengganti pakaian dengan yang kering.

Bawalah pakaian ganti yang mudah kering dan berbahan katun. Pakaian berbahan kering dipakai saat perjalanan dan saat beristirahat di tenda pakailah pakaian berbahan katun. Begitu juga untuk celana, bawalah celana dengan bahan yang mudah kering dan ringan seperti celana berbahan ripstok nilon atau celana berbahan polyester. usahakan jangan membawa celana berbahan jeans.

3. Jaket Gunung
Jaket Gunung

Karna cuaca gunung yang dingin, jaket ini tidak boleh terlewatkan dari daftar perlengkapan mendaki gunung kalian. Jaket berfungsi untuk melindungi tubuh dari terpaan angin kencang dan hawa dingin.

Kalian bisa membawa dua jenis jaket, yang pertama adalah jaket tipis seperti jaket berbahan parasut yang tetap bisa melindungi tubuh dari terpaan angin. Jaket ini bisa kalian gunakan saat sedang “ngetrek”, tetapi jika hawa dirasa terlalu panas kalian cukup hanya menggunakan kaos lengan pendek saja agar tidak kepanasan dan berkeringat terlalu banyak.

Yang kedua adalah jaket dengan bahan yang tebal seperti jaket dengan double layer system. Lapisan pertama berbahan fleece polar atau fleece katun yang cukup hangat dan lapisan kedua bisanya berbahan parka atau taslan yang waterproof.

4. Makanan dan Minuman Pribadi
Camilan Mendaki Gunung

Meskipun sudah ada logistik makanan kelompok, kalian juga jangan lupa membawa makanan untuk pribadi. Ini bertujuan untuk keamanan kalian saat terpisah dari rekan yang membawa logistik makanan kelompok. Selain itu juga makanan pribadi akan memperpanjang waktu hidup kalian jika tersesat atau sendirian di gunung.

5. Sarung Tangan
Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi sebagai pelindung tangan dari hawa dingin dan gesekan. Karena telapak tangan terbilang sensitif terhadap hawa dingin dan goresan.

6. Topi/ Kupluk
Kupluk

Cuaca gunung tak hanya dingin, tapi juga panas terik saat siang hari. Pakailah topi untuk melindungi kepala dari dari sengatan matahari.

7. Buff/ Slayer
Buff

Selain telapak tangan, telinga juga termasuk bagian tubuh yang sensitif terhadap debu. Untuk itu pakailah buff untuk mengatasinya. Karena selain melindungi kepala dan telinga dari hawa dingin, buff juga berfungsi untuk melindungi hidung dari debu.

8. Sepatu atau Sandal Gunung
Sepatu Gunung

Untuk alas kaki, kalian bisa menggunakan sepatu atau sandal yang memang sudah di desain khusus untuk mendaki gunung. Untuk sepatu, pilihlah sepatu gunung dengan desain di atas mata kaki. Ini bertujuan untuk melindungi pergelangan kaki ketika kalian tergelincir agar otot dan tulang kalian tidak terpelintir.

9. Gaiters
Gaiters

Gaiters berfungsi untuk melindungi kaki dari ranting, duri, lintah atau serangga, juga mecegah pasir dan kerikil masuk kedalam sepatu ketika sedang berjalan. Gaiters ini sangat bermanfaat bagi kalian yang berencana untuk mendaki gunung yang memiliki medan berpasir dan kerikil seperti Gunung Merapi, Gunung Selamet, Gunung Semeru dan Gunung Rinjani.

10. Jas Hujan/ Rain Coat
Jas Hujan

Mendaki gunung saat musim hujan ataupun tidak, kalian tetap harus membawa jas hujan/ rain coat ini. Hal ini sangat penting, karna apapun musimnya, cuaca di gunung tetap akan terjadi hujan. Baik itu hujan karena memang kandungan air di awan sudah tinggi atau hujan karena kabut jenuh atau kabut tebal.

Kalian juga bisa membawa jaket yang memang sudah di desain watrproof. Bisa yang berbahan parka, parasut atau lainnya.

11. Trekking Pole
Trekking Pole

Trekking pole berguna untuk membagi fokus beban tubuh dan barang bawaan. Jika tidak menggunakan trekking pole, semua beban itu akan bertumpu pada kaki. Dengan menggunakan trekking pole, beban akan terbagi pada tangan juga.

Selain berguna untuk pemecah beban, trekking pole juga bisa digunakan sebagai perpanjangan tangan jika kalian ingin ditarik teman saat akan naik ke tempat yang lebih tinggi dengan medan yang sulit.

12. Pisau/ Golok
Pisau

Jika kalian sudah memasukan bahan makanan ke dalam daftar barang bawaan saat mendaki gunung, jangan lupa juga memasukan perlengkapan mendaki gunung yang tajam satu ini. Ya, pisau atau golok.

Pisau saat berguna saat kalian ingin memotong bahan makanan seperti bawang, sayur, daging dan lainnya. Sedangkan golok bisa digunakan untuk jaga-jaga jika ada hal yang darurat atau bisa juga kalian gunakan jka ingin membuang kotoran.

Jika kalian ingin membuang kotoran, jangan lupa untuk menggali tanah terlebih dahulu. Galilah tanah menggunakan golok yang kalian bawa dengan kedalaman yang cukup, kuburlah kembali ketika sudah selesai. Ini dilakukan agar tidak mengganggu pendaki lain.

13. Peta, Kompas dan GPS
Peta dan Kompas

Alat navigaasi darat ini sebaiknya kalian masukan kedalam daftar barang bawaan saat mendaki gunung. Ini berguna untuk mengetahui posisi dan arah saat kalian untuk mendaki gunung agar tidak tersesat.

14. Obat-obatan Pribadi/ P3K
P3K

Meskipun kalian tidak memiliki riwayat penyakit yang tiba-tiba muncul, kalian tetap harus membawa obat-obatan pribadi ata P3K praktis. Karena mungkin saja ada teman atau pendaki lain yang membutuhkan.

Selain itu, kalian juga bisa membawa bidai, deker elastis untuk lutut maupun engkel hingga perban elastis untuk atisipasi ketika kalian atau teman mengalami patah tulang, dislokasi persendian maupun kram.

15. Alat Penerangan
Headlamp

Agar jalan didepanmu terang, bawalah alat penerangan seperti senter, headlamp ataupun lampu tenda.

16. Baterai Cadangan
Baterai

Jangan lupa membawa baterai cadangan untuk mengisi ulang daya alat elektronik seperti alat penerangan, GPS dan alat elektronik lainnya yang kalian bawa saat mendaki gunung.

17. Tissue
Tissue

Tissue berfungsi sebagai salah satu alat pembersih perlengkapan mendaki gunung. mulai dari alat masak, tenda, bisa juga sebagai alat pembersih tubuh kalian.

Bawalah tissue kering atau tissue basah. Jangan sampe salah bawa tisuue magic yaa, Sahabat Sukses.

Karna tissue ini lama terurainya, maka jangan kalian buang di gunung yaa. Bungkus kembali dengan rapi tissue yang sudah terpakai dan bawa turun kembali. Meskipun Tissue itu digunakan untuk membersihkan diri ketika buang air besar, tetap harus dibawa ya, Sahabat Sukses.

18. Kantong Kresek Besar
Kantong Kresek

Kantong kresek ini dibawa untuk mengantongi sampah atau pakaian kotor dan keperluan lainnya.

Selain kantong keresek besar atau biasa disebut trash bag, kalian juga bisa membawa kantong kresek kecil-kecil untuk tempat perlengkapan kalian yang lain agar tidak tercampur dengan sampah.

19. Survival Kit
Survival Kit

Tidak akan merepotkan jika kalian ingin membawa survival kit saat mendaki gunung. Ini berguna untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu di gunung, karna kita tidak tau apa yang akan terjadi saat mendaki gunung.

Survival kit ini bisa dipakai jika kalian di dalam keadaan yang sangat darurat seperti ketika sedang tersesat atau terjadi kecelakaan di gunung dan tidak memiliki teman untuk berjuang bersama menemukan titik terang.

Termasuk tali di dalamnya. kalian bisa membawa tali jenis karmantel, webbing, tali rafia atau tali pramuka.

20. Jam Tangan
Jam Tangan

Saat mendaki sangat dibutuhkan yang namanya managemen waktu. Jadi masukanlah jam tangan ini kedalam daftar perlengkapan mendaki gunung kalian.

21. Sleeping Bag
Sleeping Bag

Sahabat Sukses tentu tahu bahwa cuaca di gunung sangat dingin terutama pda malam dan dini hari. Gunakan sleeping bag jika kalian ingin tidur dengan nyaman dan tidak terlalu merasakan hawa dingin yang menusuk tubuh. Meskipun kalian sudah terbiasa dengan hawa dingin, kalian tetap harus membawa sleeping bag sebagai penghangat tubuh. Atau kalian bisa membawa sarung atau selimut sebagai penggantinya.

22. Matras
Matras

Bawalah matras jika kalian ingin tidur dengan nyaman, karna digunung seringkali kontur tanahnya tidak rata dan bergelombang. Banyak bentuk dan jenis matras, bawalah jenis matras sesuai kebutuhan dan selera kalian.

23. Kartu Identitas
KTP

Kartu tanda pengenal wajib kalian bawa untuk registrasi di taman nasional. Bisa berupa KTP, SIM, kartu mahasiswa atau kalian juga bisa membawa paspor jika bukan warga Negara Indonesia.

24. Uang
Uang

Nah ini yang paling utama dari yang utama, duid alias uang. Kenapa? Karena jika kalian tidak membawa uang, kalian tidak bisa membayar kebutuhkan perjalanan seperti ongkos transportasi, makan, tembakau, biaya retribusi taman nasional dan lainnya. Masuk akal kan?

Optional
Hammock
Hammock

Hammock merupakan perlengkapan mendaki gunung yang tidak begitu dibutuhkan karena fungsinya kebanyakan hanya untuk bersantai.

Jika tidak membawa tenda, hammock dan flysheet bisa digunakan sebagai tempat tidur menggantung yang cukup aman meskipun kurang nyaman.

**

Nah itu dia beberapa daftar perlengapan yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Bagi kalian yang memiliki saran perlengkapan lain bisa komen di kolom komentar yaa, Sahabat Sukses.

Perlengkapan Dan Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung
Ditag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *