Langkah Demi Langkah Menyiapkan Tour Keiling Dunia

Apakah beranda medsos Sahabat Sukses terus-menerus membuat kalian ingin melompat ke pesawat dengan tempat tujuan yang eksotis? Apakah kalian mendapati diri kalian berkhayal tentang petualangan yang mengasyikkan di negeri yang jauh? Jika kalian menderita nafsu berkelana, maka perjalanan dunia mungkin bisa menjadi obatnya.

Merencanakan perjalanan ke seluruh dunia adalah tugas yang menakutkan, bahkan jika kalian sering bepergian dan memiliki keterampilan organisasi yang luar biasa. Seringkali membutuhkan waktu berbulan-bulan penelitian untuk mencapai tahap di mana kalian siap untuk naik pesawat itu dan naik ke langit. Jadi untuk membantu kalian bersiap-siap untuk petualangan seumur hidup, kali ini PernahSukses.com telah menyiapkan panduan langkah demi langkah untuk merencanakan perjalanan keliling dunia kalian.

Berbeda dari traveling dalam negeri yang masih satu bahasa dan budaya, maka tour keliling dunia butuh lebih banyak persiapan. Kalian harus menguasai atau setidaknya mengerti beberapa bahasa asing. Kemudian, kalian pun harus berkenalan dengan budaya yang benar-benar berbeda.

Gak cuma itu aja, dari sisi finansial, tour keliling dunia butuh cost yang lebih banyak dibandingkaan dalam negeri.

Biar gak terdistraksi soal uang saat bertualang keliling dunia, mari perhatikan 10 hal ini saat akan wujudkan impian kalian tersebut.

1. Pilih negara mana yang ingin kalian kunjungi

Memilih tujuan yang kalian inginkan adalah langkah pertama dari proses perencanaan, karena memberikan kalian fokus dan inspirasi untuk melanjutkan perjalanan impian kalian. Tetapi yang lebih penting, mengetahui negara yang ingin dikunjungi akan menentukan segalanya. Ini akan membantu kalian memutuskan berapa lama akan menghabiskan waktu di setiap tempat, rute yang diambil, dan berapa banyak untuk anggaran.

Jika kalian bahkan mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan keliling dunia, maka kalian mungkin memiliki daftar panjang tujuan yang ingin kalian jelajahi. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukan ini, itu hanya kasus menuliskan semua tempat yang ingin dikunjungi sehingga kalain dapat mulai merencanakan di sekitar negara tersebut.

2. Mulai merencanakan rute

Setelah kalian memiliki daftar tujuan potensial, sekarang saatnya untuk mulai menghubungkannya ke rute yang layak. Sayangnya, pada tahap ini kalian mungkin akan menjatuhkan beberapa tempat dari daftar kalian, karena tidak mungkin untuk memasukkan semuanya.

Ingatlah bahwa semakin sedikit tempat yang dikunjungi, semakin sedikit uang yang harus kalain persembahkan untuk transportasi ke masing-masing lokasi, yang berarti anggaran kalian dapat semakin meningkat. Ini juga berarti kalian akan menghabiskan lebih banyak waktu di setiap tempat.

Cara terbaik untuk merencanakan rute adalah mengeluarkan peta besar dan menempatkan pin di semua tujuan dalam daftar. Kalian harus mulai melihat kelompok tujuan yang dekat satu sama lain dan bagaimana kaiain dapat berpindah dari satu tujuan ke tujuan berikutnya.

Saat memetakan rute, penting untuk memperhitungkan cuaca di setiap tempat. Periksa musim sebelumnya karena ini dapat mengubah arah perjalanan dan kapan kalian pergi. Kalian juga harus mempertimbangkan apakah ada festival atau acara khusus yang ingin kalian hadiri.

3. Buat anggaran

Setelah memiliki gagasan kasar tentang rute yang akan ditempuh, kalian dapat mulai mencari tahu seberapa besar anggaran kalian. Periksa blog perjalanan dan buku panduan untuk memberi kalian gambaran tentang biaya untuk setiap tujuan yang ingin dikunjungi. Kalian juga harus melihat situs akomodasi untuk melihat harga kamar selama tanggal perjalanan pilihan kalian.

Kalian kemudian dapat memecahnya menjadi anggaran harian untuk setiap lokasi, kalikan dengan jumlah hari yang diharapkan untuk dihabiskan di setiap tempat, kemudian jumlahkan untuk mendapatkan totalnya. Sangat penting untuk membuat anggaran terpisah untuk masing-masing negara daripada hanya menyisihkan uang saku harian, karena biaya dapat sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Ingatlah untuk menyertakan transportasi, akomodasi, makanan dan minuman, serta hal-hal seperti Visa dan biaya perbatasan.

Seberapa besar anggaran kalian akan sangat tergantung pada gaya perjalanan pribadi kalian. Apakah kalian tinggal di hotel mewah atau hostel dengan anggaran terbatas, dan apakah kalian berencana untuk terbang ke mana-mana atau senang bepergian dengan kereta atau bus akan berdampak signifikan pada seberapa banyak yang diperlukan. Bersikap realistis tentang tingkat kenyamanan yang dibutuhkan saat bepergian dan pahami bahwa kalain umumnya harus membayar lebih untuk fasilitas yang lebih baik.

4. Atur perbankan kalian

Kebanyakan uang kalian harus disimpan di rekening bank yang tidak memiliki akses melalui kartu, tetapi dapat diakses secara online, jadi kalian mungkin perlu membuka akun lain. Dari sana, kalian kemudian dapat mentransfer jumlah yang lebih kecil ke dalam akun dengan akses kartu. Jadi, jika kartu kalian dicuri, pencuri hanya akan memiliki akses ke sejumlah kecil. Karena potensi kesulitan mendapatkan kartu baru di jalan, itu juga ide yang baik untuk memiliki lebih dari satu akun yang tetap kosong, tetapi tetap dapat mentransfer uang ke dalamnya jika perlu.

5. Periksa paspor Kalian

Visa dapat menjadi biaya tambahan dan menjadi masalah, tetapi sayangnya sebagai pelancong A.S., kalain akan membutuhkannya untuk beberapa negara yang dikunjungi. Pastikan kalian melakukan riset dan mendaftar terlebih dahulu untuk negara-negara yang mengharuskan kalian melakukannya. Beberapa negara terkenal sulit untuk mendapatkan visa dan hanya dimungkinkan untuk melakukannya dari negara bagian asal kalian, jadi periksalah ini sebelum membeli tiket.

Paspor kalain harus mutakhir dengan setidaknya enam bulan untuk menutup akhir perjalanan kalian, karena banyak negara tidak akan membiarkan kalian masuk dengan waktu yang tersisa lebih sedikit dari itu. Kalian juga perlu memiliki cukup banyak halaman tersisa untuk semua prangko dan visa yang akan diperoleh, dan sebagian besar negara memerlukan minimal tiga halaman penuh. Sebaiknya lakukan perhitungan cepat untuk memastikan paspor kalian akan bertahan hingga akhir perjalanan dan tidak melihat kalian berpaling ke perbatasan mana pun.

6. Mulai pemesanan

Memesan penerbangan, akomodasi, dan bahkan kunjungan ke objek wisata utama jauh sebelumnya mungkin kedengarannya tidak menarik, tetapi dalam beberapa kasus mungkin penting. Misalnya, jika kalian berencana untuk berjalan di Inca Trail ke Machu Picchu, ada sejumlah pengunjung yang diizinkan untuk melakukannya setiap tahun. Karena itu, kalian perlu memesan sekitar enam bulan ke depan untuk mengamankan semuanya. Acara dan festival akan berarti bahwa akomodasi dipesan dengan cepat juga, jadi kalian harus memiliki tiket sejak lama.

Pemesanan di muka dapat menjadi cara yang sangat baik untuk membantu mengelola tabungan dan anggaran, karena hal-hal sudah akan dibayar sebelum berangkat. Namun, spontanitas adalah salah satu kegembiraan nyata dari mengelilingi dunia, sehingga memiliki jadwal yang kaku akan mengurangi itu. Berikan fleksibilitas pada diri kalian untuk tinggal lebih lama atau ubah rencana kalian jika diinginkan.

7. Selesaikan urusan rumah kalian

Jika kalian memiliki rumah, apakah kalian akan menyewakannya saat kalian pergi? Apakah kalian memiliki tagihan rutin yang harus diautomatiskan atau dibatalkan? Apakah kalian berencana untuk menjual barang sebelum perjalanan untuk mengumpulkan dana ekstra?

Ada banyak hal yang harus kalian lakukan di rumah sebelum pergi, dan semakin awal kalian mulai, semakin tidak stres. Buatlah daftar semua yang perlu dilakukan dan laukan tugas-tugas menjelang perjalanan kalian.

8. Dapatkan vaksinasi

Tetap sehat di jalan harus menjadi prioritas utama, karena banyak negara memiliki penyakit yang tidak ditemukan dinegara kalian. Cari tahu vaksinasi apa yang dibutuhkan segera setelah kalian menentukan rute, sehingga kalian bisa menyelesaikannya dalam banyak waktu. Bahkan ada beberapa negara yang tidak akan membiarkan kalian masuk tanpa bukti bahwa kalian telah divaksinasi tertentu, paling umum untuk demam kuning.

Jika kalian minum obat apa pun, kalian juga harus meletakkan rencana untuk memastikan kalian memiliki cukup untuk bertahan selama perjalanan. Kalian juga harus meneliti apakah kalian akan dapat membeli obat itu di setiap lokasi tempat kalian berada, apakah kalian memerlukan resep, dan bagaiamana cara mudah mendapatkannya.

9. Beli asuransi perjalanan

Banyak orang mengambil risiko dengan pergi ke luar negeri tanpa asuransi perjalanan, tetapi ketika kalian melakukan perjalanan yang lebih panjang, itu tidak sebanding dengan risikonya. Dapatkan paket lengkap yang akan menanggung biaya kesehatan, pembatalan perjalanan, kehilangan koper, dan apa pun yang dibutuhkan. Seperti halnya asuransi, pastikan kalian memeriksa ulang struk untuk memastikan itu sesuai dan sepadan dengan biayanya.

10. Packing dengan bijak

Mengepak untuk mengelilingi dunia bisa menjadi tugas besar, karena mengetahui persis apa yang harus diambil dan apa yang tidak bisa sangat membingungkan. Mulailah dengan melihat tempat-tempat yang akan dikunjungi, iklim yang akan dialami, dan kegiatan yang akan dilakukan. Tiga hal ini akan membantu menentukan apa yang harus dimasukkan ke dalam koper. Ingat, kalian bisa mendapatkan apa saja secara virtual di mana saja di dunia, jadi daripada berkemas berlebihan, lebih baik berkemas dan mengambil barang seperlunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *