Menjelang libur panjang, banyak dari kalian yang pasti sudah merencanakan liburan bersama keluarga, teman atau pasangan bukan? Nah, buat Sahabat Sukses yang masih bingung mencari tempat terbaik untuk liburan, ngga perlu buru buru memilih ke Luar Negeri, jelajahi dulu destinasi wisata di Indonesia yang bisa membuat kalian merasa sedang berada di Luar Negeri. Dimana Saja? Berikut beberapa tempat diantaranya:

Raja Ampat (Papua Barat)

Apakah ada tempat lain di dunia yang lebih indah dari Raja Ampat? Ya, Kepulauan Raja Ampat memang menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang menjadi destinasi berlibur kelas dunia. Manjakanlah mata Kalian dengan pemandangan gugusan pulau karang yang kecil dan ditumbuhi pepohonan di Kepulauan Wayag yang terletak di Desa Waigeo Barat. Presiden Joko Widodo pun sudah membuktikannya sendiri keindahan Kepulauan Raja Ampat. Terdiri dari Pulau Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan deretan pulau kecil.

Banyak potensi wisata alam yang menakjubkan di Raja Ampat. Di antaranya seperti keindahan bawah lautnya, flora dan fauna endemik, budaya, serta masih banyak lagi yang lainnya. Meski dikenal mahal, keindahan Raja Ampat sangat sepadan dengan keindahannya yang tak tertandingi. Worth it, Guys!

Bali

Menyebutkan tempat wisata Indonesia yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing, Bali adalah tempat yang harus masuk ke dalam daftar Kalian. Bagaimana tidak? Keindahan Pulau Dewata telah terkenal hingga ke penjuru dunia dan keberadaannya menjadi destinasti wajib yang harus dikunjungi oleh wisatawan asing. Sebagai sebuah pulau yang terbilang lebih kecil dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia, Bali menghadirkan sebuah wisata yang lengkap.

Mulailah perjalanan Kalian dari gunung yang indah seperti keberadaan Gunung Batur dengan kalderanya yang memikat. Lalu, nikmati juga kehidupan dataran tinggi nan menenangkan di Ubud dan beri makna perjalanan Kalian dengan wisata religi, historis, dan budaya di tempat wisata Indonesia, Bali. Setelah itu, manjakan mata Kalian dengan sunset menawan di puluhan pantai di Bali yang masih cukup sepi dikunjungi wisatawan. Jangan lupa menyertakan wisata kuliner dan rasakan spa khas Bali yang dapat menenangkan. Tidak perlu khawatir dengan biayanya, berbagai pilihan harga ditawarkan di sana. Bahkan, wisatawan asing pun kerap mengunjungi tempat wisata Indonesia ini dengan cara backpacking, lho!

Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Berada di Pulau Sulawesi, Taman Nasional Wakatobi juga merupakan salah satu tujuan wisata dunia bagi yang ingin mengeksplorasi keindahan alam bawah laut. Dengan luas mencapai 13.900 km², tujuan wisata terkenal asal Indonesia ini memiliki tak kurang dari 112 jenis terumbu karang yang bersimbiosis dengan ikan-ikan bawah laut sehingga menciptakan panorama bawah laut yang tiada tanding.

Hal ini menjadikan Wakatobi sebagai salah satu surga menyelam bagi para traveler dari berbagai penjuru dunia.

Candi Borobudur (Jawa Tengah)

Salah satu ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia adalah Candi Borobudur. Sebagai candi Budha terbesar di dunia dengan luas tak kurang dari 123 X 123 meter, objek wisata populer asal Indonesia yang berada di Magelang ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitektur yang memukau.

Setiap tahunnya, tak cuma wisatawan domestik tetapi banyak juga wisatawan asing yang tertarik untuk mengamati keindahan dari Candi Borobudur. Berbagai relief yang menceritakan mengenai berbagai ajaran dalam agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga mencapai pencerahan sempurna bisa Sahabat Sukses temukan di tempat wisata favorit asal Indonesia.

Candi Borobudur sendiri memiliki total tak kurang dari 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief pada dinding-dindingnya. Menakjubkan sekali, bukan?

Danau Toba (Sumatera Utara)

Sahabat Sukses pernah berkunjung ke Danau Toba? Danau Toba merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam indah yang masuk dalam tempat wisata terbaik di Indonesia yang tidak boleh Kalian lewatkan. Di danau kawah besar ini Kalian bisa mengelilingi tempat yang ukurannya sangat besar. Jika dibandingkan dengan Singapura maka Danau Toba memiliki luasan yang hampir serupa. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan.

Selain itu Danau Toba memiliki suasana yang sejuk dengan ketinggian 900 mdpl. Di sana juga merupakan tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Jika Anda berkunjung atau berwisata ke Pulau Samosir, maka sempatkan untuk pergi ke danau ini dan mengelilingi tepi danaunya menggunakan sepeda atau motor.

Pulau Belitung

Pemandangan alam selanjutnya yang difavoritkan rajin dikunjungi wisatawan adalah Pulau Belitung. Tempat wisata ini sangat indah bahkan hingga diangkat ke sebuah film layar lebar.

Tempat ini menawarkan berbagai pantai dengan pasir putih yang dikombinasikan dengan pohon kelapa, bebatuan granit nan eksotis, air laut sejernih kristal yang dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil yang tidak bisa didapatkan di tempat lainnya. Pulau ini menyimpan banyak sekali keindahan yang bisa dijadikan salah satu pusat pariwisata utama Indonesia.

Karimunjawa (Jawa Tengah)

Karimunjawa merupakan kepulauan kecil yang membentuk kawasan konservasi laut di utara Jawa Tengah. Jika datang ke sini, maka Anda bisa melihat hutan mangrove dan hutan bakau yang dijaga oleh pemerintah. Kegunaan hutan itu sangatlah besar, mulai dari penguatan pasir, kesterilan air laut, dan lain sebagainya. Di sisi lain Karimunjawa memiliki pesona bawah laut yang menawan.

Banyak hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan, mulai dari menjelajahi pulau, menyelam, menikmati keindahan pantai, berpetualang di hutan bakau serta lain sebagainya. Sebaiknya Anda datang saat musim kemarau dan hindari musim hujan karena angin dan ombaknya cukup besar. Di Karimunjawa Anda bisa menemukan berbagai hewan langka seperti halnya elang laut dada putih, penyu hijau, dan penyu sisik.

Pantai Ora (Maluku)

Surga tersembunyi lain yang wajib masuk list liburan Kalian, yakni Pantai Ora di Maluku. Pantai-pantai di kawasan Timur Indonesia memang top banget. Nah di Pantai Ora ini, kamu akan disuguhi pemandangan air laut jernih nan biru dengan latar belakang pegunungan kapur. Sangat cocok buat kamu yang mau snorkeling maupun diving melihat keindahan bawah laut.

Saking cantiknya, eksotisme Pulau Ora disejajarkan dengan Pulau Maladewa atau Maldives, dan Pulau Bora-Bora di Prancis. Untuk bisa melancong ke Pulau Ora, kamu perlu merogoh kocok jutaan rupiah. Bukan karena harga tiket masuk yang mahal, tapi akses untuk sampai ke sana harus menggunakan jalur udara, laut, dan darat.

Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Destinasi wisata populer di Indonesia lainnya yang juga ramai dikunjungi wisatawan asing adalah Taman Laut Bunaken yang tepatnya berada di Teluk Manado. Bunaken menjadi salah satu objek wisata di Indonesia yang mengundang decak kagum karena keindahan taman bawah lautnya yang sulit ditemukan di negara lain.

Berkunjung ke Taman Laut Bunaken, Sahabat Sukses akan menemukan keindahan kehidupan di dalam laut yang membuat mata kamu tidak bisa berhenti memandangnya. Di dalam taman laut ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi dengan bebatuan laut.

Selain itu, pemandangan yang paling menarik adalah adanya terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25 – 50 meter. Tidak sampai di situ, mata kita akan dimanjakan dengan 91 jenis ikan yang ada di dalamnya.

Tidak heran kalau Taman Laut Bunaken menjadi salah satu destinasi bagi para wisatawan terutama para pecinta laut. Apalagi tujuan wisata Indonesia favorit wisatawan asing ini menyediakan fasilitas untuk scuba diving dengan 20 titik penyelaman terbaik, dimana penyelam dapat kesempatan berenang di dasar laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan.

Gunung Bromo (Jawa Timur)

Kalau Sahabat Sukses pernah berkunjung ke Jawa Timur gak lengkap rasanya kalau belum menginjakkan kaki ke Gunung Bromo ini. Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini memiliki pesona dengan dikelilingi pasir laut yang luas. Meskipun bukan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, namun keindahan Gunung Bromo tidak ada duanya dan membuat para pengunjung dapat merasakan pemandangan yang fantastis dan spektakuler.

Wisatawan dapat berkuda dan mendaki gunung bromo untuk menikmati keindahan yang menawan saat matahari terbit dan terbenam. Bisa jadi pengalaman secara langsung yang tidak terlupakan lho! Dengan keindahan yang menakjubkan itu tidak heran jika objek wisata di Indonesia satu ini menjadi tujuan para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Pulau Komodo (NTT)

Destinasi wisata Indonesia yang tersohor di mata dunia selanjutnya adalah Pulau Komodo. Pulau yang berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini merupakan rumah bagi ratusan Komodo, hewan endemik yang dilindungi di Indonesia.

Selain bisa mengamati perilaku dan mengeksplorasi habitat dari hewan purba ini, Pulau Komodo juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah pantai dengan pasir berwarna merah muda yang dikenal dengan nama “Pink Beach“. Di dunia sendiri pantai seperti ini hanya terdapat tujuh di seluruh dunia menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia yang mendunia.

Tana Toraja (Sulawesi Selatan)

Indonesia memang kaya akan adat dan budaya yang menarik mata dunia. Salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal akan kekayaan tradisi budayanya adalah Kabupaten Tana Toraja.

Terletak di Sulawesi Selatan dikawasan pegunungan yang indah, Sahabat Sukses masih bisa melihat uniknya keseharian dan tradisi masyarakat adat Tana Toraja. Selain keindahan arsitektur tradisional rumah tongkonan, wisatawan juga bisa mengamati tradisi unik upacara kematian yang dikenal sebagai Rambu Solo yang biasanya diselenggarakan pada Juli dan Agustus

Keunikan dari tradisi ini menjadikan Tana Toraja sebagai tempat wisata asal Indonesia yang memiliki daya tarik mendunia.

Goa Gong (Jawa Timur)

Tujuan wisata Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Goa Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Panorama eksotik yang ditawarkan oleh objek wisata alam Indoneisa ini disebut-sebut sebagai salah satu goa terindah di Asia Tenggara.

Bertualang di Goa Gong, Sahabat Sukses akan disuguhkan keeksotisan struktur stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami di Goa ini. Meskipun tidak sepopuler tempat wisata Indonesia lainnya, Goa Gong merupakan destinasi wisata favorit bagi para traveler dunia yang berjiwa petualang.

Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah)

Kalian bisa menemukan berbagai macam obyek wisata indah yang saling berdekatan disini. Kalian akan sangat dimanjakan oleh keindahan alamnya, dari pagi hingga malam hari.

Pagi hari, kalian bisa mulai menikmati keindahan matahari terbit di Bukit Sikunir dilanjutkan menuju Kawah Sikidang, Telaga Warna, Batu Pandang, komplek Candi Arjuna Dieng, dan masih banyak lagi.

Terdapat sebuah tradisi tradisional seperti ruwatan di Dieng. Ruwatan merupakan upacara atau ritual yang bertujuan mengusir nasib buruk atau kesialan dengan memotong rambut gimbal. Selain itu, masih banyak festival lainnya seperti Dieng Culture Festival dan jazz atas awan.

Pantai Maluk (Sumbawa Barat)

Pantai Maluk merupakan salah satu yang terindah di Pulau Sumbawa Barat. Kalian bisa sekadar bersantai menikmati sinar matahari ditemani desiran angin dan ombak laut. Selain itu, Pantai Maluk terkenal dengan ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar. Ombak di pantai Maluk diberi julukan Super Suck, karena ombak yang menuju daratan terpecah sebuah tanjung. Kalian bisa berkunjung ke Pantai Maluk melalui jalur laut selama dua jam dari Pulau Lombok. Akomodasi dan fasilitas di Pantai Maluk sudah lengkap, tersedia berbagai pilihan penginapan.

Danau Kelimutu (NTT)

Pergilah ke Nusa Tenggara Timur untuk menemukan sebuah danau yang sangat indah. Danau Kelimutu berada di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.639 meter di atas laut.

Awalnya, Danau Kelimutu mempunyai tiga warna yang berbeda yakni merah, biru, dan putih. Seiring berjalannya waktu, danau seluas 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter itu mempunyai warna biru toska, hitam, dan hijau.

Danau yang terletak 54 kilometer di sebelah timur Kota Ende ini bisa kalian tempuh sekitar dua jam. Mendaki Gunung Kelimutu cukup mudah, kalian tinggal menyusuri tangga yang terbuat dari besi. Di atas puncak, ada orang yang berjualan makanan serta minuman untuk membangkitkan stamina.

Pulau Bawah (Kepulauan Anambas)

Pulau Bawah merupakan surga tersembunyi di Indonesia Barat, tepatnya di Kepulauan Anambas. Walau butuh effort yang cukup besar untuk mencapai ke Pulau Bawah, kalian tak akan menyesal.

Berlibur di Kepulauan Anambas terasa seperti liburan ala pulau pribadi. Lokasi ini bisa menjadi salah satu liburan mewah yang memberikan ketenangan karena belum dijamah banyak orang. Kepulauan Anambas, terutama Pulau Bawah, merupakan salah satu spot favorit para penyelam.

Nah, sudah ada gambaran mau melancong ke mana nih? Sebelum ke luar negeri, jelajahi keindahan Indonesia dulu yang tiada duanya ya Sahabat Sukses.

Destinasi Wisata Alam Terindah Di Indonesia – Surga Alam Indonesia
Ditag pada:                                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *