Kegiatan mendaki gunung memang menyenangkan, bersinggungan langsung dengan alam bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih menikmati hidup.

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun, mulai dari pelajar, mahasiswa, laki-laki, perempuan, tua, muda bahkan anak-anak. Tapi tentu saja mendaki gunung perlu persiapa khusus, apalagi mendaki gunung memiliki pradigma bahw kita bermain di alam bebas, bermain ditempat yang tak lazim ditinggali oleh manusia.

Untuk itu, sebaiknya kegatan mendaki gunung tidak dianggap enteng, apalagi bagi para pemula yang minim pengalaman.

Dalam artikel kali ini PernahSukses.com akan membagikan tips agar aman saat mendaki gunung untuk para pemula.

1. Merencanakan Pendakian

Yang pertama yang harus Sahabat Sukses lakukan adalah merencanakan pendakian, mulai dari lokasi, rute pendakian, jumlah pendaki, kondisi cuaca, dan jangka waktu karna semua itu akan mempengaruhi perbekalan dan peralatan yang harus dipersiapkan. Tidak lupa untuk meminta izin kepada pihak-pihak terkait.

Kalian harus mempelajari dan mengetahui medan dan rute yang akan dilalui saat pendakian. Setidaknya harus ada satu orang dalam kelompok yang sudah menguasai rute dan jalur pendakian.

2. Mempersiapkan Mental dan Fisik

Yang kedua adalah mental dan fisik. Sahabat Sukses bisa melakukannya dengan berolahraga secara rutin setidaknya selama sebulan sebelum pendakian agar badan tidak kaget saat melakukan pendakian. Lakukanlah olahraga seperti lari setiap pagi dan sore untuk melatih otot-otot kaki. Selain melatih otot kaki, kalian juga harus melatih keseimbangan. Kalian bisa melakukannya dengan senam kecil seperti berdiri dengan satu kaki untk beberapa saat, lakukan setiap pagi dan sore setelah olahraga lari.

3. Membawa Perlengkapan yang Diperlukan Saja

Perlengkapan mendaki gunung juga merupakan hal yang harus kalian persiapkan dengan baik, akan fatal akibatnya jika kalian tidak mempersiapkan peralatan yang akan dibawa. Sahabat Sukses harus tahu apa saja Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung. Jangan lupa untung mengecek perlengkapan kalian sebelum mendaki gunung.

4. Menjaga Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang paling vital saat melakukan pendakian. Bisa kalian bayangkan jika kalian mendaki gunung dengan kondisi tubuh tidak fit, tentu akan membahayakan diri sendiri dan mempersulit rekan satu kelompok. Usahakan jangan tidur terlaru larut malam seminggu sebelum pendakian dan tidurlah dengan cukup. Jika perlu konsumsilah vitamin hingga hari untuk mendaki tiba. Jangan lupa juga untuk membawa P3K dan obat-obatan ribadi jika kalian memiliki riwayat penyakit tertentu.

5. Sesuaikan Jenis Ransel (Carrier)

Kalian harus menyesuaikan jenis carrier yang akan dibawa saat pendakian. Gunakanlah ransel yang sesuai dengan tubuh kalian, jika badan kalian kecil, jangan membawa carrier yang terlalu besar karna akan mengganggu keseimbangan badan kalian.

6. Managemen Konsumsi

Konsumsi merupakan salah satu hal yang penting saat mendaki gunung, jangan sampai kalian gagal sampai puncak karna kehabisan konsumsi. Bawalah makanan yang ringan, ringkas namun cukup mengandung kalori. Kalian bisa membawa 2 botol air mineral isi 1,5 liter, nasi + lauk yang masih mentah maupun yang sudah matang, mie instan, coklat untuk menambah tenaga saat mendaki, kopi atau sejenisnya untuk menghangatkan tubuh dengan air cadangan. Usahakan jangan hanya membawa mie instan karna mie instan bisa membuat kalian cepat merasa haus. jangan membawa dan mengkonsumsi minuman beralkohol karana meskipun hangat, namun minuman beralkohol bisa memicu pecahnya kapiler darah karena cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

7. Ikuti Intruksi dan Larangan Petugas Gunung

Sebelum mendaki tentu kita mendaftar terlebih dahulu ke loket gunung setempat, setelah itu petugas akan memberikan instruksi dan larangan apa saja saat mendaki gunung. Patuhilah instruksi dan larangan yang petugas sampaikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat mendaki gunung.

8. Jangan Malu Untuk Meminta Berhenti Ketika Lelah

Sebagai pendaki pemula tentu kalian belum terbiasa dengan trek pendaian sehingga mudah merasa lelah. Untuk itu kalian jangan malu untuk meminta berhenti jika kalian merasa lelah. Jangan memaksakan diri agar tidak membahayakan diri sendiri dan merepotkan orang lain.

9. Jangan Mengeluh

Mengeluh bisa merusak psikis yang dapat berimbas pada tubuh, untuk itu usahakan untuk tidak mengeluh dalam keadaan apapun agar tubuh tetap kuat. Alangkah baiknya menyemangati diri sendiri dan selalu ceria agar perjalanan tidak terlalu berat dan tentu saja mengasyikan.

10. Jangan Membuang Sampah di Gunung

Sampah, terutama sampah plastik yang dihasilkan selama pendakian hendaknya dikumpulkan dalam kantong plastik dan dibawa turun gunung dan dibuang di tempat sampah di pos pendakian. Tips ini sesuai dengan semboyan yang biasanya dipegang oleh pencinta alam: jangan pernah meninggalkan apapun di gunung kecuali tapak kaki dan kenangan.

Jika selesai menyalakan api unggun, matikan hingga betul-betul padam termasuk bara apinya dengan menyiram air atau menutupnya dengan tanah. Juga ketika membuang putung rokok, matikan dulu bara apinya. Ini untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan.

**

Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari mendaki gunung, seperti menahan sifat egois, kerja sama tim, toleransi, tolong-menolong, melatih mental dan fisik juga melatih jiwa raga kita agar menjadi manusia yang mantab secara jasmani dan rohani.

Dengan melakukan tips-tips mendaki gunung di atas, pendakian yang dilakukan oleh pemula sekalipun dapat terlaksana sesuai harapan dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat ataupun terkena hipotermia. Karena pada prinsipnya, sebuah pendakian gunung bukanlah sekedar untuk mencapai puncak gunung belaka, namun juga harus mampu kembali pulang.

10 Tips Mendaki Gunung Agar Aman Bagi Para Pemula
Ditag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *