50+ DIY – Ide Hiasan Untuk Mendekorasi Kamar dan Ruangan di Rumahmu


Sahabat Sukses ingin menghias kamar kalian atau mungkin menghias ruangan di rumah agar tidak terlihat kosong? Dan mungkin kalian kebingungan mencari inspirasi hiasan apa yang cocok untuk mendekorasi ruangan?
Berikut kami bagikan 58 ide hiasan untuk mendekorasi kamar yang banyak diantaranya bisa kalian buat sendiri. Dari mulai hiasan dinding sampai bantalan sofa. Selain lebih hemat biaya, dengan membuat sendiri juga bisa memaksimalkan gaya dengan menuangkan ide-ide kreatif kalian sendiri. Cari dan temukan gaya unik dan pilihlah ruangan mana yang cocok untuk diisi dengan hasil karya kalian.

1. Bingkai Galeri Sederhana

Menghias dinding dengan dekorasi penuh gaya tidak harus rumit. Lukis desain sederhana di kanvas, seperti garis-garis atau bintik-bintik, kemudian bingkai agar terlihat lebih apik.

2. Gantungan Warna-Warni

Cerahkan ruangan apa pun, seperti dapur atau ruang kerja , dengan mika atau kaca berwarna-warni yang bisa kalian dapat dari bahan daur ulang. Gantungkan hiasan kalian di dekat jendela untuk refleksi cahaya maksimal.

3. Dinding Selotip Bergambar

Sahabat Sukses bisa coba menghias dinding dengan menggunakan selotip bermotif. Buatlah garis-garis di dinding dengan perpaduan warna dan tekstur yang sesuai agar terlihat lebih ideal. Cocok diaplikasikan di kamar atau ruang bermain.

4. Lilin Cangkir Teh

Mungkin biasanya Sahabat Sukses menggunakan lilin dengan model itu-itu aja. Cobalah membuat lilin didalam gelas teh. Lelehkan lilin kedalam cangkir teh vintage untuk memberikan kesan unik pada lilin, letakan di ruang tamu, ruang kerja, atau kamar tidur kalian. Pilih cangkir teh yang cocok atau buatlah desain sesuai selera kalian.

5. Lampu Unik

Tambahkan keunikan pada karakter dalam tiang lampu dengan mengecat dasar lampu menggunakan warna yang cerah seperti biru, hijau atau merah muda. Pasangkan alas dengan kap lampu berpola untuk menambah kesan unik.

6. Bantal Dudukan Warna-Warni

Jahit potongan kain perca untuk membuat bantal lantai ini. Gunakan bantal sebagai sandaran kaki atau tempat duduk tambahan di ruang tamu, ruang bawah tanah atau kamar tidur.

7. Papan Klip Foto

Sahabat Sukses punya papan ujian tak terpakai? Gunakan untuk hiasan dinding! Warnai papan klip kosong dengan cat metalik dan gantung dengan rapih di dinding, kemudian kalian bisa menambahkan foto, gambar favorit, sampul majalah, atau kliping koran.

8. Imitasi Hewan

Buatlah dekorasi hewan palsu menggunakan tanah liat. Susun deretan hewan favorit kalian seperti gajah, rusa, atau zebra.

9. Vas Botol Kaca

Ingin mencari ide DIY dekorasi yang sederhana? Buat vas bunga yang indah dari botol kaca daur ulang. Isi vas kalian dengan bunga segar seperti bunga lili dan krisan.

10. Gantungan Mimpi

Buatlah gantungan penangkap mimpi buatan tangan dengan bahan lingkaran bundar, benang, manik-manik, dan bulu. Pilih warna-warna netral seperti krem dan cokelat untuk tampilan tradisional atau buat warna lebih terang untuk mencerahkan ruangan.

11. Hiasan Benang

Buatlah DIY dekorasi kamar ini dengan menggunakan batang kayu. Kencangkan benang dengan berbagai warna dalam pola simetris. Gantungkan hiasan ini di ruang tamu, kamar tidur atau ruang kerja kalian.

12. Rangkaian Pompom

Menghiasi ruang kalian dengan rangkaian pompom yang dapat digantung di jendela, rak buku atau dinding kosong. Sahabat Sukses bisa mengganti warna pompom sesuai selera dan kepribadian kalian.

13. Rak Segi Enam

Buat rak-rak unik dari batang es krim dan lem. Gantungkan pada dinding lalu letakan kaktus atau tanaman udara untuk mengisi ruang yang kosong.

14. Dinding Sisik Ombre

Hidupkan setiap kamar dengan dinding yang dicat ombre. Buat pola bergigi menggunakan cat berwarna serupa, seperti serangkaian warna biru dari pastel ke navy.

15. Tanaman Sukulen

Sukulen populer karena suatu alasan: tanaman ini terlihat unik dan mudah dirawat. Cocok bagi kalian yang malas menyiram tanaman. Tanamlah sukulen didalam wadah transparan kecil. Letakan di meja samping, meja kerja atau bisa digantung di jendela.

16. Papan Kayu Bergambar

Siapkan papan kayu, cat warna pastel di atasnya. Kalian bisa membuat kutipan atau gambar sederhana seperti burung atau hati.

17. Kanvas Bergambar

Hiasi kamar kalian dengan koleksi cetakan kanvas. Pilih foto yang menunjukkan keluarga paling bahagia: berjalan di luar rumah, bermain dengan anjing atau meringkuk bersama di sofa.

18. Kertas Musik

Bingkai catatan musik dan lirik lagu-lagu favorit kalian untuk membuat dekorasi kamar yang unik. Apakah keluarga kalian suka bermain alat musik atau menyukai karaoke? dekorasi bertema musik ini akan mencerahkan semangat siapa pun yang berada di dalam ruangan.

19. Seni Benang

Hiasan berbahan dasar benang, paku, dan papan kayu. Pilih desain sesuai selera kalian. Baik itu berupa gambar atau tulisan yang menginspirasi dan atau memotivasi. Gunakan benang satu warna atau berbagai warna untuk memberi kesan ramai.

20. Cermin Bintang

Pasang cermin bintang yang menakjubkan menggunakan kayu berbagai ukuran dan lem kayu yang kuat. Dekorasi kamar yang terlihat profesional cocok digantung di ruang tamu, kamar tidur, atau pintu masuk depan.

21. Pola Geometris

Buat pola pada dinding di kamar tidur atau ruang bermain. Rancang pola geometris menggunakan lakban dan cat bagian dalamnya dengan berbagai macam warna. Lepaskan lakban setelah cat mengering untuk melihat hasil karya kalian yang sempurna.

22. Seni Cat Air

Buatlah DIY dekorasi kamar kalian pada kanvas kosong. Cat menggunakan cat air dengan perpaduan warna dari gelap ke terang. Cobalah mencocokkan warna dengan aksen lain di ruangan.

23. DIY Ottoman atau Sandaran Kaki

Ruang tamu dan kamar tidur sering membutuhkan tempat duduk tambahan. Buatlah dudukan dan tumpuan kaki dekoratif menggunakan kain, jahit lalu isi dalamnya menggunakan dakron atau silikon, kalian juga bisa isi menggunakan kain perca agar lebih padat.

24. Seni Kertas Warna / Origami

Lipat origami membentuk segitiga dengan rapih, susun dengan berbagai warna yang kontras, letakan pada bingkai dan gantung di kamar, ruang tamu atau ruang kerja rumah kalian.

25. Papan Gabus Kecil

Gunakan untuk menggantung catatan pengingat dan daftar tugas, potong papan gabus dengan bentuk lingkaran lalu gantung di atas meja atau di dapur, kalian bisa menggantungnya menggunakan paku atau menempelkannya menggunakan lem lilin. Sahabat Sukses juga bisa memberi warna pada papan agar terlihat lebih cantik.

26. Papan Tulis Globe

Lapisi Globe menggunakan kertas hitam yang sudah digunting bagian tulisannya seperti contoh gambar bagian kiri. Atau kalian juga bisa langsung membubuhkan tulisan diatas globe untuk mendapatkan background permukaan peta.

27. Ranting

Sering menemukan ranting dengan bentuk unik? Jadikan hiasan dinding! Gunakan tali, cat dan bulu untuk melengkapi tampilan yang lebih vintage.

28. Bingkai Kata

Kalian bisa menggunakan selotip bermotif untuk membuat DIY ini. Lebih mudah dan praktis!

29. DIY Benang

Untuk dekorasi kamar asrama atau hiasan dinding kamar tidur, buat karya seni benang dua warna. Lingkaran sulaman dan pasak kayu menjadi alas yang simple namun kuat.

30. Pot Bunga Hias

Buat pot mini dari tanah liat lalu warnai menggunakan cat akrilik. Coba pola geometris dan bintik-bintik untuk desain kalian. Tempatkan tanaman di dalam pot, lalu Letakan pot di rak gantung,  jendela, meja dan meja samping.

31. Galeri Dinding

Buat galeri dinding yang seluruhnya terbuat dari kanvas. Padukan antara desain bermotif dan potongan berwarna solid untuk tampilan yang seimbang.

32. Lukisan Bulu

Sangat cocok untuk semua tingkat kemampuan menggambar, kanvas bergambar bulu yang dilukis ini membuat karya seni yang sederhana namun indah. Gunakan warna burung favorit kalian.

33. Lampu Vintage

Untuk tampilan terlihat lebih vintage, cat dasar lampu kayu dengan warna putih atau krem. Biarkan sebagian kayu tidak tercat penuh untuk menyelaraskan dengan warna kap lampu.

34. Cermin Metalik

Ubah cermin biasa menjadi cermin yang lebih berkesan. Tambahkan aksen logam perak atau emas untuk membuat dekorasi kamar DIY ini menjadi hidup.

35. Lampu Foto

Buat kap lampu yang penuh dengan foto-foto yang penuh kenangan. Pilih gambar dengan makna khusus, seperti saat liburan, pernikahan atau ulang tahun.

36. Gambar Peta Negara

Keadaan tempat kalian tinggal atau tempat kalian dibesarkan pastinya memiliki kesan khusus bagi Sahabat Sukses sekalian kan? Temukan peta lokal favorit kalian dan bingkai untuk menciptakan seni modern.

37. Vas Kertas Tisu

Gunakan kertas tisu untuk menghias vas baru atau yang sudah bekas. Padankan warna dengan dekorasi yang lain dan jangan lupa menambahkan bunga segar.

38. Hiasan Dinding Retro

Jika kalian menyukai hiasan kayu dengan desain sederhana dan ingin memajangnya dikamar, cobalah potongan gaya retro. Tambahkan gambar buah, sayuran atau bunga favorit kalian untuk mempercantik tampilan.

39. Hiasan Tenun

Yang kalian butuhkan untuk DIY ini adalah permadani, benang atau tali dan manik-manik. Gantungkan di ruang tamu atau kamar tidur tamu kalian.

40. Daun Emas

DIY hiasan kamar ini paling baik dibuat pada musim gugur atau musim dingin, ketika ada banyak daun berserakan. Gunakan daun asli dan cat semprot emas, Sahabat Sukses dapat membuat karya seni yang bersahaja ini dengan mudah.

41. Sandaran Kepala Kayu

Gunakan bakat pertukangan kalian untuk dipakai dalam ide kamar tidur DIY ini — bagus untuk kamar tidur utama atau tamu. Pilih jenis kayu yang indah dan kokoh.

42. Lemari Ombre

percantik lemari make up kalian dengan cat pastel. Pilih gradasi warna untuk efek ombre yang dapat dibuat dari warna favorit, apakah itu biru, ungu atau kuning.

43. Rak Segitiga

Buatlah DIY hiasan dinding ini menggunakan batang es krim. Gantungkan beberapa rak di dinding yang sama dan tambahkan item favorit seperti tanaman hias kecil dan foto.

44. Lampu Geometris

Tuangkan kreatifitas kalian pada dekorasi kamar tidur atau kantor dengan lampu geometris. Cat mereka dengan warna metalik atau warna cerah untuk memberikan kesan yang berbeda.

45. Mainan Bayi

Terbuat dari pita dan tali, mainan bayi DIY ini menambah kesan lucu untuk kamar anak. Pilih warna-warna santai seperti pastel untuk desain yang akan menenangkan si kecil.

Baca juga: Inspirasi Desain Interior kamar Bayi

46. Bantal Pompom

Mencari DIY dekorasi kamar yang meriah dan menyenangkan? Jahit cover bantal dengan pompom berwarna-warni. Letakan mereka di tempat tidur, sofa atau kursi baca.

47. Dinding Dua Warna

Buat warna kontras di kamar tidur dengan mengecat dinding menggunakan dua warna berbeda. Pilih warna yang lebih gelap untuk bagian bawah, seperti hijau atau ungu, gunakan warna terang untuk bagian atas.

48. DIY Lukisan

Siapkan kanvas kosong lalu gambar diatasnya menggunakan bunga atau buah sebagai kuas.

49. Peti Kayu

Tambahkan tempat penyimpanan di kamar anak, kamar tidur, ruang bermain atau ruang bawah tanah dengan peti kayu. Poles peti dengan cat untuk memberi sentuhan unik.

50. Tulisan Motivasi

Buatlah pada selembar kertas gambar biasa. Pilih kata-kata yang akan membuat kalian tersenyum setiap kali melihatnya, hiasi dengan gambar secantik mungkin.

51. Garis Dinding

Tambahkan aksen garis horizontal pada dinding dengan perpaduan warna yang netral.

52. Galeri Dinding Berwarna Netral

Aksen emas, bingkai netral, dan peta antik saling melengkapi. Buat galeri foto keluarga yang dipadukan dengan dekorasi yang modern dan vintage.

53. Gambar Abstrak

DIY dekorasi kamar tidak perlu rumit. Coba buat seni abstrak dengan melukis di atas kanvas kosong. Memasukkan serangkaian warna tetapi pastikan untuk memakai warna yang berkarakter.

54. Bingkai Cermin

Buatlah bingkai cemin dengan perpaduan dua warna. Gunakan lakban untuk membuat desain dan cat menggunakan warna yang kontras satu sama lainnya.

55. DIY Lampu Lava

Membuat DIY lampu lava ini cukup mudah. Siapkan botol kaca, air, minyak goreng, pewarna makanan, dan tablet alka-seltzer/ garam/ baking soda. Campurkan semua bahan dan lava akan berputar putar didalam air. Letakan botol diatas senter yang menyala, pastikan kalian mematikan lampu ruangan agar lampu lava dapat terlihat lebih hidup.

56. Cat Dinding

Buat kamar tidur atau kamar anak terasa seperti hutan atau pegunungan. Cat dinding sesuai imajinasi kalian. Biarkan sesederhana atau sesimple yang kalian inginkan.

57. Pola Dinding Kreatif

Punya dinding kosong yang butuh sedikit sentuhan? Gunakan solatip untuk membuat pola garis, zig zag, atau bentuk geometris.

58. Dinding Polkadot

Tambahkan sentuhan lucu kedalam kamar tidur atau dinding ruang tamu menggunakan bintik-bintik. Pilih warna yang cocok dengan gaya kalian seperti ungu, emas atau biru.

Nah, itu dia ide-ide dekorasi untuk ruangan kalian. Pilihlah dekorasi yang paling sesuai untuk ruangan dan yang paling sesuai dengan selera kalian.

Baca juga: Alasan Kenapa Kerajinan Tangan Bermanfaat Untuk Tubuh Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *